Home > anime, news > ayo buat mie ramen sendiri..!!!

ayo buat mie ramen sendiri..!!!


ini tulisan saya dapatkan dari teman yang belum kenal juga, sesaatketika saya mengunjungi blog nya di sini

isi postingannya tidak saya rubah seperti ini :

>>>>>

Masih teringat gimana tergila-gilanya seorang Naruto sama makanan jepang bernama  ramen ??

Menurut survey nih (secara online, hehe), ramen adalah salah satu makanan populer yang murah meriah tapi uenak  di Jepang. Seperti yang kita tahu, mie berasal dari Cina. Nah nama ramen sendiri juga mengambil dari bahasa cina-nya masakan ini yang disesuakan sama lidah pengucapan Jepang. La Mien = Ramen.

Secara kebetulan beberapa waktu lalu setelah mendapat info dari salah seorang rekan (thanks to Ruli! :) ), kita-kita akhirnya berkunjung ke salah satu lokasi ramen terdekat dari Kotakomik.

Well ada beberapa menu yang tersaji, diantaranya Yaki Ramen (Mie goreng), Curry Ramen (rasa kuah daging sapi), Chicken Ramen (ya jelas rasa ayam tho ?), Chicken Chili Ramen (rasa ayam pedas), Spaghetti Ramen (yang ini belum sempat nyoba karena habis terus).. dan SeaFood Ramen (dari namanya udah jelas kan ramen rasa apa ini ? :) )

Resep ini tentunya disesuaikan dengan standar Indonesia, sesuai prinsip kehalalannya (insyaAllah).

Dan setelah mencoba-coba, akhrnya tergelitik juga untuk mencari resep ramen ini di internet .. dan ketemu!

Buat kamu-kamu yang pingn nyobain bikin ramen buatan sendiri silakan dijajal resep berikut ini, yang kami dapatkan dari forum ini dari user bernama dargombez (thanks to you…)

Roh dari ramen sendiri adalah sup dan isinya .. jadi  resep kali ini kita bagi dua. yaitu ramen ato mie-nya sendiri dan sup-nya

>|[Ramen]
jika pingin mudah, bisa beli di toko supermarket yg tinggal dimasak. klo punya waktu luang, berikut ini adalah cara bikin ramen dari nol [dapet resep dari penjual ramen di jepang sono]

[step 1] bahan-bahannya :
3/4 Cups tepung (ane lupa ukurannya untuk indonesia)
1 butir telur
3/4 sendokteh garam (ato sesuai selera)
1sendok makan air (tergantung air dan kelembapan)

mie ramen bahan bahan

di Jepang, kagak ada tepung untuk semua jenis. yang ada,tepung tinggi protein ama tepung rendah protein, dimana qta harus mencampurnya. jika adanya tepung ini, perbandingannya 1:2 untuk tepung rendah protein dan tepung tinggi protein. klo adanya tepung biasa, pake aja. toh nggak terlalu vital koq untuk mie-nya.
adonannya bisa dibikin lebih untuk 2 porsi ato 4 meskipun ntar rada susah untuk nguletnya.

[step 2] Campur bahan adonan
campur tepung + garam, bikin lobang di tengah, masukin telur amam air di lobang yg dibuat tadi, lalu campur pelan2

mie ramen proses

[step 3] nglet adonan
setelah adonan kurang lebih tercampur, angkat ke tempat yg agak bersih dan mulai mengulet lagi. aonan ini agak lebih lengket dari adonan roti.
adonan siap jika tangan anda menjadi rada bersih dan adonan tidak lengket seperti sebelumnya(dan tangan pegel semua). jika benar, seharusnya anda bisa mengangkat tangan anda dan adonan akan turun dalam 1-2 detik.
jika terlalu lengket, tambahkan tepung dan ulet lagi. jika tidak lengket, tambahkan beberapa tetes air.

mie ramen proses

[step 4] istirahatkan adonan

adonan perlu diistirahatkan sebelum dibentuk / dimelarin. klo nggak, mienya ntar jelek n tipis.
selimuti adonan pake serbet n diemin +- 30 menit.
[adonan dlm serbet]

mie ramen proses

[step 5] Saatnya motong mie
ambil adonan (jika anda bikin 2 ato 3 porsi, bagi menjadi 1 porsi. klo nggak, qta akan dapet 1 bola adonan yg besar. taburi beberapa tepung pada adonan, ambil gilingan dan mulai menggiling adonan. klo da mesin yg biasa dipake ama orang jualan molen, pake aja. (ane gak punya. makanya giling manual)
jika bisa, ketebalan mie-nya +- 1mm. jika mulai lengket, taburi tepung lagi. jika adonan kembali ke bentuk semula (bola),
[separuh dari adonan]

adonan mie ramen

[kurang tipis]

[bandingin ukuran ama yg sebelumnya]

adonan mie ramen

[+- 1mm tebelnya]

[step 6] potong adonan jadi mie

ambil talenan n taruh adonan diatasnya. taburi tepung biar gak lengket coz klo lengket ramen-nya gak jadi. pake mesin buat nyetak mienya juga bisa koq. fungsi tepung dsini selain biar gak lengket, juga menjaga agar mie-nya nggak lepas. sambil motong, siapin air biar mendidih
[adonan dlm talenan]

adonan mie ramen

[adonan + tepung]
[potong adonan]

adonan mie ramen

[separuh jalan]
[mie yg dah jadi]

mie ramen potong

[step 7] masak mie-nya
setelah air mendidih, kasih garem dan cerai beraikan mie-nya pake sumpit. kalo anda buang begitu saja, mie-nya akan lengket jadi satu.aduk mie-nya pake sumpit.
asal airnya banyak n masih mendidih,seharusnya mienya mulai mengembang n ngapung. biasanya sich +- 4 menit ane rebus mie-nya. asal udah terasa lembut n kenyal, angkat mienya. biasanya waktu ngerebus mie-nya, ane masukin sosis ama sayuran biar setengah matang.

[garam + air mendidih]
[masukin mie-nya]

mie ramen rebus

[mie yg dah mateng + sosis]

mie ramen hampir jadi

|>[Sup] tambahkan sup, makan deh
biasanya sih ane pake kaldu ayam + shoyu (ato miso). jika males, pake bumbu dari mie instan juga boleh. jangan pake shoyu ato miso tanpa kaldu coz ntar jelas rasanya ancur2an. untuk sayuran, terserah anda. untuk daging, sesuai selera. sebagai variasi, bisa ditambahin telur mentah pada penyajian ato telur rebus juga boleh.
ittada kimazu Makan_do

contoh jadi:
[ramen + sayuran]
http://i39.tinypic.com/16kdggh.jpg

[ramen + sosis]
http://i44.tinypic.com/1tt0lf.jpg

:## saya ucapkan banyak terima kasih atas info yang di share..:: semoga dapat bermanfaat buat semua…::
About these ads
Categories: anime, news Tags: , , , , ,
  1. teukiequorra
    June 14, 2010 at 12:51 am

    kalo tepungnya tepung terigu biasa gimna?

  2. June 14, 2010 at 11:47 am

    wowww…. terlihat mudah ya…padahal nanti hasil mie nya putus2..huhu

  3. ellachi Uchiga
    November 5, 2010 at 2:57 pm

    it’s so delicious….. I like mie Ramen ….. also like Naruto kun……… :D

  4. zhuzu
    February 22, 2011 at 2:33 pm

    i like it mie ramen..
    luph mie ramen….

  5. March 6, 2011 at 12:13 pm

    dmn nyari tepung2 buat mie ramennya?

  6. ciprutz
    March 13, 2011 at 12:54 pm

    duhhh… kayaknya enak dan tanpa bahan pengawet yak..
    jadi pengen bikin!!
    thanks info nya.. yummiiii.. :p

  7. Hudzaifa Fauzi
    May 16, 2011 at 2:17 pm

    Wah enak kayanya ni mah cucok… Hudzaifa Fauzi

    • June 23, 2011 at 7:20 pm

      kayaknya juga enak.., sekarang banyak kok yang jual.. selamat mencoba..

      • adeprima
        July 7, 2011 at 3:29 pm

        di mana orang jual ?

      • July 8, 2011 at 9:36 am

        ayo di beli di beli

  8. Ariel springflieds
    June 5, 2011 at 5:01 pm

    kira2 bisa gak pakek tepung terigu? n ukuran tepungnya berapa?

    • June 23, 2011 at 7:19 pm

      he..3x perlu di coba,, ini juga pengen coba tapi masih belum ada yang nemenin, nanti di share lagi kalau berhasil….

  9. June 28, 2011 at 8:45 am

    (y) hmm yummy !!! :p

  10. August 4, 2011 at 1:28 pm

    mantap gan yummy…..

  11. August 16, 2011 at 12:59 pm

    tar coba ah,,,, menu liburan…

  12. idjas
    September 1, 2011 at 10:30 pm

    aku sangat suka makanan jepang. tapi yg halal

  13. October 27, 2011 at 10:49 am

    terima kasih resep buat ramennya

    • November 9, 2011 at 10:34 am

      sama – sama kita buat rame rame,,

  14. December 9, 2011 at 9:36 am

    itu tepung terigunya pake segitiga biru apa yg lain gan?

    • January 6, 2012 at 11:37 pm

      Experience is the best teacher, nanti di share di mari kalau sukses dengan bahan bahan baru, siapa tahu lebih cocok sama lidah masyarakat kita,
      Selamat uji coba

  15. Fendy
    December 27, 2011 at 11:33 am

    bro.. fotonya udah expired.. bisa di update lagi kah?? hehe .. thx

  16. Febry
    January 8, 2012 at 4:33 pm

    Ittada kimazu .. Arigato ats info x ..

  17. February 14, 2012 at 10:03 am

    Makasih sudah berbagi info

  18. winda
    February 26, 2012 at 2:11 pm

    hm…aku ingin coba.aku ingin seperti Naruto,gemar mi ramen ichiraku.
    It’s so awesome!

  19. rany
    May 13, 2012 at 9:30 pm

    kalo pake alat, namanya apa ya????

  20. June 21, 2012 at 9:30 pm

    jadi pengen coba buat + gak sabar pengen tau rasanya kayak mana nih..

  21. nesya
    June 27, 2012 at 5:09 am

    pagy…mau tanya nih ukuran cup yg dipake cup apa ya?

    • August 28, 2012 at 10:53 am

      sepertinya pake cup , masak nasi pake rice cooker
      he..3x CMIIW

  1. August 16, 2011 at 10:20 am
  2. January 30, 2012 at 5:33 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 375 other followers

%d bloggers like this: