Home > open source > belajar ubuntu 9.10 “karmic koala”

belajar ubuntu 9.10 “karmic koala”


hari ini laptopku resmi menggunakan ubuntu 9.10 karmic-koala, saya kecewa karena wireless driverku gak bisa ke install, bingungg.. browser2 kemana2 belum ketemu juga, jalan2 iseng2 dapet dech ilmu dari mas the suryaden

terima kasih atas ilmu yang sangat dahsyat seperti ini:

best-karmic-koala
karmic koala

Dasar

Setiapkali Ubuntu merilis fitur baru ataupun distribusi baik rilis alpha, beta, release candidate dan khususnya jika sudah final release, official server pastilah ramai dan berjalan lambat karena beban yang menumpuk dan berjalan bersama-sama. Untuk menghadapinya pilihlah alternatif server, yang terletak pada Software Sources, pada System -> Administration -> Software Sources, dan klik menu dropdown dan pilihlah Server Lainnya, kemudian akan muncul jendela pop uo, untuk kemudian muncul dialog boks dan klik ‘Server Terbaik”, setelah itu akan muncullah tools yang memilih dan mem-ping sendiri semua server Ubuntu di seluruh dunia. Maka setelah selesai pilihlah server dengan kecepatan terbaik dari lokasi dan waktu saat ini dari hasil pencarian tersebut.

Sebagai tambahan, masuklah ke tab Pemutakhiran atau Updates. Jika ingin selalu berada pada versi terbaru Ubuntu dan menggunakan software dari pihak ketiga dalam repository, setlah secara default akan lebih baik. Backports-Karmic, atau update yang tidak didukung hati-hatilah jika menggunakannya karena mungkin berisi hal-hal yang kurang begitu berguna, karena masih dalam tahap pengembangan hal-hal baru yang bisa saja berhenti setiap saat karena di rasa tidak penting atau beralih ke jenis yang lain. Pre Released Updates (karmic-proposed), hanyalah untuk wilayah pengetesan, baik dipakai jika memang berminat dalam mencoba update dan memberikan umpan balik kepada Ubuntu. Kemudian pilihlah jadwal otomatis untuk menemukan dan mengunduh ketika ada updates atau pemutakhiran yang tersedia secara harian dan untuk mengunduh semua pemutakhiran dibelakang layar – proses-, sebagai efisiensi waktu hingga saatnya menginstal pemutakhiran tersebut. Setelah itu ada baiknya untuk mengecek Statistik Software, aktifkan jika belum diaktifkan, hal ini sangat penting untuk mengirimkan list software yang ada pada Ubuntu kita yang sudah terinstall, dan seberapa sering digunakan untuk mengetahui sejauh mana software yang populer.

Ketika tombol tutup diklik, munculah pop up untuk mereload list software yang tersedia, ikuti petunjuk tersebut dengan klik reload. Ketika selesai maka kemungkinan-kemungkinan dan list of available – list update yang tersedia akan muncul, maka ikuti juga petunjuk tersebut. Secara manual bisa selalu dicek melalui Update Manger, pada Sistem -> Administrasi -> Manajer Pemutakhiran. Alangkah baiknya untuk menjaga komputer selalu dalam keadaan mutakhir.

Samba

Jika ingin mengaktifkan dan berbagi file, folder dan printer dengan komputer Windows, diperlukan paket samba untuk menjalankannya. Secara grafis bisa disetup dengan mengklik kanan folder dokumen yang akan di share, dengan mengklik ‘Properties’ dan menuju tab “share’. Centhang, pilihan ‘Share this folder’ dan pastikan ada propmt untuk menginstall ‘Windows networks sharing service’. Setelah kemudian terinstall, diperlukan restart dan anda dapat mengklik ‘Create share’ untuk mengaktifkannya untuk menampilkan folder dan isinya dari komputer lain melalui jaringan yang ada. Sebagaimana paket yang lainnya, untuk menginstall samba bisa melalui Synaptic Package Manager, ataupun melalui Command line Interface (terminal).

Klik di sini untuk menginstall, atau gunakan mantera sakti melalui terminal:

sudo apt-get install samba

Sinkronisasi Waktu dengan NTP

Ubuntu dapat menjaga waktu pada komputer secara akurat sinkron dengan jam atom pada server waktu yang tersedia. Protokol ini dinamakan Network Time Protocol (NTP). Untuk mengeset waktu NTP secara grafis, bukalah Time and Date yang tersedia pada System ->Administrasi -> Time & Date. Klik gambar kunci ‘make changes’ untuk membuka kunci setingan. Setelah itu maka dapatlah anda menset waktu dan zona, dan mengkonfigurasinya agar selalu sinkron dengan Server Internet, pada poin ini, anda akan diminta untuk menginstall NTP support. Setelah semuanya selesai klik “Select Servers” dan pilihlah server yang paling dekat, sementara yang saya temukan baru dari Singapore, kok kita ndak punya ya…

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install ntp

Hal penting namun dibatasi

DVD Playback

Kebanyakan DVD komersil dilengkapi dengan enkripsi Content Scrambling System (CSS), untuk membatasi software-software pemutar DVD. Diperlukan instalasi libdvdcss jika anda mau memutarnya pada Ubuntu. Untuk menambahkannya dapat melalui Synaptic Package Manager ataupun Terminal.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install libdvdread4

Kemudian pada Terminal, enter:

sudo /usr/share/doc/libdvdread4/install-css.sh

Ubuntu Restricted Extras

Ubuntu restricted extras adalah paket-paket Ubuntu yang secara resmi dibatasi dalam pendistribuisan paket sistem operasi, biasanya adalah software untuk ekstraksi arsip .rar, Microsoft True Type core fonts, Sun Java Runtime Environtment (JRE), codecs-codecs yang terbatas, dan Adobe Flash Player. Namun kesemuanya dapat diinstal dari Ubuntu Software Center, pada menu Applications.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Direkomendasikan juga untuk memberikan kesempatan pada Gnash, sebuah flash player dari open source yang masuk dalam list high priority Free software projects. Untuk menginstallnya, pastikan bahwa Adobe’s Flash Player tidak terinstall pada Synaptic ataupun terminal dengan menghilangkannya.

Rapal untuk Command Terminal:

sudo apt-get purge flashplugin-installer nspluginwrapper

Kemudian, install Gnash plugin lewat Synaptic atau Terminal.
APT Line: ppa:gnash/ppa
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install mozilla-plugin-gnash

* Pengalaman saya install Gnash kok nggak bisa dipake untuk farmville ya, jadi saya ilangin lagi deh….

Eye Candy

GNOME Shell

Versi yang akan datang yaitu versi 3.0 dari desktop GNOME, banyak orang mengatakannya sangat cantik dan indah. Jika menginginkan sudah terdapat pada Synaptic namun jika ingin yang lebih up to date, anda juga bisa membuatnya sendiri tanpa perlu banyak kesulitan, dan harapannya semoga bisa nantinya dimasukkan dalam PPA sesegera mungkin.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install gnome-shell

Advanced Desktop Effects Settings

Sebagaimana yang pernah diutarakan pada Advanced Desktop Visual Effects pada Ubuntu untuk newbie. Perintah untuk Ubuntu 9.10 Karmic Koala lebih mudah lagi.

APT Line: ppa:compiz/ppa
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install simple-ccsm

Ganti “simple-ccsm” dengan “compizconfig-settings-manager” untuk Advanced Desktop Effects Settings Manager.

Compositing Dasar

Beberapa mungkin memiliki keinginan untuk memiliki visual effects yang canggih, namun karena keterbatasan hardware yang dimiliki atau karena diperlukan driver grafis akselerastor khusus untuk Compiz, atau karena tidak ingin memakai yang bukan standar dari Ubuntu. Dalam permasalahan ini, Metacity, bawaan manajer desktop GNOME, berjalan baik, bisa di pakai secara grafis, ataupun dengan perintah yang sederhana, namun pastikan dahulu bahwa Compiz effect sudah dihilangkan atau tidak diaktifkan.

Melalui GUI -Graphical User Interface-, tekan Alt+F2 untuk membuka kotak dialog Run Application dan masukkan ‘gconf-editor’ untuk memunculkan GNOME Configuration Editor. Pada sidebar kiri, carlah Apps –> metacity –> General dan kembali pada kotak utama, hilangkan centang ‘compositing_manager’, dan Metacity akan segera melakukan compositing, transisi lembut dibandingkan Compiz.

Mantera untuk Terminal, jika menyukainya adalah:

gconftool-2 -s '/apps/metacity/general/compositing_manager' --type bool true

Themes Ekstra

Seperti pada artikel Ubuntu Desktop Themes Bisigi PPA Repositories yang terdahulu, ada banyak update pada Themes ini. Hanya themes dari Bisigi Project yang disediakan oleh the zgegblob-themes package membutuhkan PPA. Namun anda bisa juga mengunduh themes sendiri-sendiri dari bermacam situs seperti pada website GNOME-Look.

Baris perintah APT : ppa:bisigi/ppa

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install arc-colors community-themes gdm-themes gnome-backgrounds gnome-colors gnome-themes gnome-themes-extras gnome-themes-more metacity-themes shiki-colors zgegblog-themes

Electric Sheep Screensaver

Screensaver model frame-frame fractal. Dapat mengunduh starter packnya di http://www.archive.org/details/electricsheep-packs-244 dan ekstrak ke folder ~/.electricsheep

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install electricsheep

Fungsi-fungsi Desktop

Application Launcher

GNOME + Do, adalah aplikasi yang selama ini selalu indah.

APT Line: ppa:do-core/ppa
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install gnome-do

Universal Applets

Setelah matinya Screenlets dan gDesklets, widget dengan framework yang baru bernama Universal Applets dibangun untuk secara dinamis langsung nyemplung pada semua aplikasi. Saat ini memang GNOME Do masih superior, namun Universal Applets memiliki konsep yang menjanjikan kedepannya. Baru ada pada aplikasi pihak ketiga, belum dimasukkan pada Ubuntu Repository ataupun Ubuntu Software Center. Belum dipaketkan pada Karmik Koala, namun pada Jaunty Jackalope malah berjalan, namun dengan mengotak-atik lebih lagi pada bugsnya. Sebaiknya jangan digunakan dulu jika tidak ingin repot.

APT line: deb http://download.opensuse.org/repositories/home:/some-guy:/screenlets/xUb… ./
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install universal-applets

Clipboard Manager

Sejak tahun 2004 ada bugs tentang ‘copy/paste doesn’t work if the source is closed before the paste. Parcelite adalah manajer clipboard yang bisa berjalan tanpa problem diatas juga dengan fitur-fitur tambahan yang berguna, namun sepertinya pada Karmic Koala saya tidak mengalami bugs seperti itu.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install parcellite

Audio – Video Creation dan Editing

PiTiVi adalah movie editor yang sangat intuitif dan memiliki banyak sekali fitur juga dengan desain interface yang modern. Memiliki kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor video untuk banyak format sebagaimana yang disupport oleh framework GStreamer.

APT Line: ppa:gstreamer-developers/ppa

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install pitivi

Video Screen Capture

Untuk membangun screencasts untuk memamerkan desktop anda yang dibanggakan, Instanbul adalah alat untuk merekam desktop anda, tidak seperti gtk-recordMyDesktop, menggunakan GStreamer. Instanbul dapat diinstall melalui Synaptic ataupun Terminal.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install istanbul

Audio Recording dan Editing

Jokosher adalah satu-satunya non-linear, multi-track audio editor yang powerful dan simpel. Dengan interfacenya yang didesain dari bawah keatas menyediakan fasilitas untuk membuat dan merekam musik, podcasts dan lebih banyak lagi.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install jokosher

Webcam

Jika memiliki webcam, maka anda memerlukan Cheese. Diinspirasi oleh Photobooth aplikasi untuk mengambil gambar dan video dari webcam, juga berbasis pada GStreamer back-end. Cheese ada pada Synaptics dan juga bisa dari Terminal untuk menginstallnya.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install cheese

Multimedia Playback

Media Center

Moovida, pertama dibangun oleh Elisa, adalah sebuah media center yang cakep sekali, dan hampir sempurna untuk digunakan sebagai Home Theater PC (HTPC) atau TVPC seperti halnya Neuros Linkmenggunakan GStreamer multimedia Framework untuk memainkan banyak file media.

APT Line: ppa:moovida-packagers/ppa

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install moovida

Video Feeds

Miro, sebelumnya dikenal dengan ‘Democracy Player’, adalah aplikasi televisi internet yang didevelop dengan 501(c)(3) Non-Profit Organization bernama Yayasan Participatory Culture yang memiliki misi untuk ‘membantu dan memungkinkan independensi, kreatifitas non-korporat dan keterlibatan politik’.

APT Line: deb http://ftp.osuosl.org/pub/pculture.org/miro/linux/repositories/ubuntu karmic/

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install miro

Media Player

Jika masih belum puas dengan Rythmbox music player, manajer musik bawaan dari Ubuntu, Banshee dapat menjadikan pilihan lain untuk dicoba. Banshee adalah player untuk memainkan musik dan video, dengan banyak fitur yang keren banget.

APT Line: ppa:banshee-team/ppa
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install banshee

Penjelajah Web

Google Chrome

Mozilla Firefox 3.5 membawa banyak sekali perbaikan-perbaikan seperti support untuk HTML 5, namun memakan resources yang tinggi sekali saat ini. Jika menginginkan sesuatu yang lebih enteng, cepat, dan agak lebih standar, browser dengan mesin Webkit adalah jalan keluarnya. Webkit adalah mesin untuk rendering layout halaman web lebih cepat daripada Gecko yang digunakan oleh Mozilla Firefox, yang digunakan oleh Epiphany dan Google Chrome. Chromium hanya tersedia melalui PPa dan mesti diinstal melalui Synaptic atau Terminal.

APT Line: ppa:chromium-daily/ppa
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install chromium-browser

Epiphany

Jika lebih suka kepada yang lebih terintegrasi dengan GNOME, dan faktanya memang browser default GNOME, cobalah Epiphany. Coba juga untuk menambahkan Web Browser Epiphany dan PPAnya Webkit untuk menjaga agar selalu dalam kondisi mutakhir.

APT Line: ppa:webkit-team/epiphany
APT Line: ppa:webkit-team/ppa
Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install epiphany-browser

Learning

Flash Cards

Ternyata malah ada di Ubuntu program ini untuk mendefrag otak anda, jiakkakaka… spaced repetition, bisa digunakan akurat kabarnya untuk melatih anda menerima informasi. Ada dua program yang wajib anda coba dan pilih mana yang menyenangkan yaitu, Menemosyne dan Anki.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install mnemosyne anki

Brainwave Entertainment

Yah, benar anda membacanya dengan benar, dengan ini anda bisa mensinkronkan felambang-gelombang pada otak, pada stimulan eksternal seerti sudara, cahaya, dan bahkan radiasi elekromagnetik ketika kesulitan tidur sebagai contohnya. Meditasi terpandu ini sangat efektif untuk memberikan tritmen terkonsisi seperti insomnia dan lain sebagainya. Gnaural adalah software brainwave entrainment yang mengenerate ketukan binaural. Sudah tidak ada lagi di repository dan tidak memiliki PPA, namun untuk user dengan Ubuntu 32 bit dapat mengunduh dan menginstal file .deb nya dari websitenya sementara untuk user 64 bit diharuskan untuk mengkompilasikannya. Alamatnya http://gnaural.sourceforge.net/download/

Brain Training

Jika anda menyukai puzzle, logika dan perangsang otak, maka gunakanlah gbrainy untuk hal itu.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install gbrainy

Permainan – Games

PlayDeb

Mengapa harus bermain games yang sama selama 6 bulan dengan versi yang sama pula, PlayDeb adalah repository game yang menyediakan produknya tidak hanya pada Ubuntu repository mutakhir. Install game dari website PlayDeb.net semudah satu klik saja. Dapat ditambahkan ke sumber perangkat lunak secara otomatis dengan menginstall paket playdeb, baik secara otomatis maupun manual.

APT Line: deb http://archive.getdeb.net/ubuntu karmic-getdeb games

wget -O- http://archive.getdeb.net/getdeb-archive.key | sudo apt-key add -

Yo Frankie!

Game yang free, dibuat dengan Blender, sayang belum masuk dalam Repository ubuntu Karmic Koala, namun dapat diunduh dari PlayDeb tentunya.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install yofrankie

Nexuiz

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install nexuiz

Images dan Publishing

Saingan F-Spot, adalah Solang, jika mau mencobanya:

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install solang

Vector

Inkscape adalah editor grafis untuk vektor, dengan kemampuan yang setara dengan Illustrator, CorelDraw atau Xara X.

APT Line: ppa:inkscape.testers/ppa

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install inkscape

Grafis 3D

Adalah bernama Blender, silahkan mencoba.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install blender

Desktop Publishing

Untuk membuat koran sederhanda, brosur, newsletter, poster dan buku.

APT Line: ppa:scribus/ppa

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install scribus

Filesharing

Secured P2P

Gnunet framework untuk desentralisasi, keamanan, jaringan peer-to-peer untuk anonymous, file-sharing tersensor. Mungkin pernah mendengar tentang Freenet, namun cobalah dahulu.

Alarm Clock

Untuk alarm dan catatanya sekalian.

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install alarm-clock

Empathy Instant Messenger

Senangnya Empathy saat ini sudah include dengan Ubuntu 9.10 Karmic Koala, namun jika masih ingin menggunakan versi-versi mutakhir seperti geolokasi dan audio/video chat untuk MSN, dibutuhkan Telepathy PPA untuk sumber perangkat lunak anda.

APT Line: ppa:telepathy/ppa

Microblogging

Gwibber adalah desktop untuk microbloging klien yang bisa anda gunakan untuk Twitter, Identi.ca, Jaiku, Facebook, Digg, dan selebihnya.

APT Line: ppa:gwibber-team/ppa

Klik disini untuk menginstal atau gunakan terminal dengan rapal:

sudo apt-get install gwibber

Dan lain sebagainya seperti antivirus, firewall, editor partisi, VPN, dapat anda baca dan lihat secara lengkap pada posting Danny Piccirillo beserta skrinsut lengkapnya di Top things to do after installing Ubuntu Linux 9.10 Karmic Koala yang saya translate disini.

Categories: open source
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: