Home > tip and trick > Menambahkan Mata Uang Baru : Rupiah Di Plugin Woocommerce

Menambahkan Mata Uang Baru : Rupiah Di Plugin Woocommerce


Ketika kita ingin membuat toko online di Wp, yang tersirat dibenak kita pasti plugin wp e-commerce, ternyata tidak hanya wp e-commerce aja plugin untuk mebuat toko online, diantara plugin wp untuk membuat toko online yaitu woocommerce.

Alhamdulillah, dini hari tadi ane bisa berkenalan plugin yang satu ini, jujur plugin ini gak kalah lah daripada wp e-commerce, dan kayaknya ane lebih betah deh pake plugin ini, walaopun ada beberapa masalah di plugin ini, ya, masalah tersebut adalah tidak adanya mata uang Indonesia, Rupiah.

Awalnya sempet shok sih… tapi , setelah ‘thawaf’ di om gogle, tanya sana sini, sholat istikharah ( lebay :D ) masalah yang menurut ane besar ini  Alhamdulillah bisa diatasi dengan mudah, simple dan gak pake ribet, berikut caran menambahkan rupiah di Woocommerce :

Pertama, edit admin-settings.php pada plugin woocommercenya, pada line 63 tambahkan :

'IDR' => __( 'Rupiah (&#82&#112)', 'woothemes' ),

Setelah kita menambahkan tulisan diatas, maka pada currency akan bertambah rupiah, tapi tunggu dulu….ini belum cukup, soalnya walaupun kita pilih currency rupiah(Rp) namun pada postingan bukan rupiah(Rp) yang muncul, tapi mata uang yang lain.

Untuk itu, kita perlu langkah kedua, yaitu dengan mengedit  woocommerce.php dan menambahkan pada function get_woocommerce_currency_symbol() {

case 'IDR' : $currency_symbol = 'Rp '; break;

Dengan dua langkah ini,ane berhasil menambahkan mata uang rupiah(Rp)  di plugin woocommerce, ini artinya selesai sudah satu masalah :)

semoga trik ini bisa membantu, ada yang kurang? silahkan di tambahkan :)

sumber : http://muslihzarth.wordpress.com/2011/12/15/menambahkan-rupiah-di-plugin-woocommerce/

  1. February 3, 2012 at 7:56 pm

    Woocommerce versi 1.4.1… bukan di woocommerce.php, tapi di woocommerce-core-function.php

    • February 5, 2012 at 8:00 am

      terima kasih mas.. buat tambahannya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: